Mengenal Lebih Dekat Desa Tapos II, Tenjolaya Bogor.


Jika Anda sedang berkunjung ke Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tepatnya di jalur wisata Gunung Salak Endah, jangan lupa untuk singgah sejenak di desa wisata Tapos 2.
Desa wisata Tapos 2 sendiri terletak di kecamatan Tenjolaya, Bogor. Desa wisata ini menawarkan keunikan tersendiri baik dari segi pemandangan dan keindahan alamnya dan juga ekosistem yang ada disana.

Selain itu, tradisi masyarakatnya yang masih dilestarikan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi desa Tapos 2. Desa ini sendiri terletak di 700 hingga 900 dari permukaan laut. Makanya tak heran jika suasana disini lumayan dingin.

Jika menengok kesebelah selatan, Anda bisa melihat kokohnya gunung Salak. Sedangkan disebelah timur berdiri kokoh gunung Pangrango dengan panorama pedesaan yang khas.

Disini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti mendaki gunung dan juga outbound. Selain itu Anda juga bisa menonton beberapa kesenian tradisional seperti Pedalangan, Topeng Cikuda, Kliningan, Barongsay, Tari Jaipongan, Pencak Silat, Qasidahan  dan juga Marawis.

Di desa ini juga terdapat sebuah mata air yang wajib Anda kunjungi. Airnya begitu jernih memancar dan digunakan oleh warga untuk kegiatan sehari-hari. Setelah puas bermain di mata air, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Luhur dan Wisata Agro Aldepos Salaka.

Puas berjalan-jalan, Anda akan dimanjakan dengan berbagai menu masakan tradisional yang banyak tersedia di desa wisata ini seperti pecel dan minuman tradisional dengan rasa dan aroma yang khas.

LETAK
Kota Bogor terletak di antara 106°43’30”BT - 106°51’00”BT dan 30’30”LS – 6°41’00”LS serta mempunyai ketinggian rata-rata minimal 700 meter, maksimal 1050 meter dengan jarak dari ibu kota kurang lebih 70 km.

Jarak dari Jalan provinsi (jalan Raya Cinangneng) ke desa Tapos 2 kurang lebih 8 km. dengan jalan beraspal hotmix. Untuk sampai ke desa ini ada jasa transportasi angkutan kota (angkot)_trayek terminal Laladon-Tenjolaya. Kepala desa yang pernah memimpin desa ini adalah: H. Jali (pejabat), H. Rubaih (pejabat), H. Damanhuri (dua periode), sekarang Bubun. Desa Tapos 2 merupakan desa pendidikan, dalam arti bahwa di desa ini banyak lembaga pendidikan baik pendidikan formal maupun pondok pesantren.

Lembaga Pendidikan formal adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tapaos 1, 2, dan 3. Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Mathla'ul Anwar. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hikmah, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Majma'ul Bahrain. Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Hikmah. Adapun pendidikan non-formal pondok pesantren (Ponpes) di Desa Tapos 2 antara lain Ponpes Sirojul Athfal (Kyai Harun, pimpinan), Nurul Habib (K.H. Memed Abdul Lathif, pimpinan), Majma'ul Bahrain (Drs. K.H.Udin Syafrudin, pimpinan), Ponpes Masalikul Falah dan Majlis taklim Sirojul Qori Al-Mubatadi (Ustazah Een Nurainy, pimpinan). Di samping itu ada dua Taman Kanak-Kanak dan 2 PAUD.

0 komentar:

Posting Komentar

Megapolitan dan BOPUNJUR

Kuliner Khas BOPUNJUR